Periodisasi Sejarah di Indonesia Menurut H.J. de Graaf dan Moh. Yamin

Periodisasi Sejarah di Indonesia Menurut H.J. de Graaf dan Moh. Yamin ~ Periodisasi atau pembabakan waktu adalah salah satu proses strukturisasi waktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak, zaman atau periode. Peristiwa-peristiwa masa lampau yang begitu banyak dibagi-bagi dan dikelompokkan menurut sifat, unit, atau bentuk sehingga membentuk satu kesatuan waktu tertentu.

Sejarah Indonesia [image by souletz.blogspot.com]
Periodisasi atau pembagian babakan waktu merupakan inti cerita sejarah. Dua tokoh yang menyampaikan periodisasi Sejarah di Indonesia yaitu H.J. de Graaf, dan Moh. Yamin. H.J. de Graaf, dalam bukunya yang berjudul :"Geschiedenis van Indonesia", membagi babakan waktu sejarah Indonesia sebagai berikut.
  1. Orang Indonesia dan Asia Tenggara (sampai dengan 1650).
    • Zaman Hindu.
    • Zaman penyiaran Islam dan berdirinya Kerajaan Islam.
  2. Bangsa Barat di Indonesia (1511-1800).
  3. Orang Indonesia di zaman VOC (1600-1800).
  4. VOC di luar Indonesia.
Selanjutnya Moh. Yamin dalam bukunya "6000 Tahun Sang Merah Putih", membuat babakan waktu/periodisasi sejarah Indonesia sebagai berikut.
  1. Zaman Prasejarah sampai permulaan Tarikh Masehi.
  2. Zaman Proto Historis, dari permulaan Tarikh Masehi sampai ke Abad VII.
  3. Zaman Sriwijaya - Sailendra (abad VII - XII).
  4. Zaman Singasari - Majapahit (Abad XIII- XVI).
  5. Zaman Penyusunan Kemerdekaan Indonesia sejak XVI - XIX.
Bila kita cermati, masih banyak lagi periodisasi yang dapat dibuat untuk sejarah Indonesia; apalagi Indonesia sekarang sudah memasuki zaman reformasi, sehingga rentangan sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga zaman reformasi menjadi garapan tersendiri bagi para sejarawan Indonesia di masa kini.

Masih banyak contoh adanya periodisasi, yang dibuat oleh tokohtokoh sejarah. Satu hal yang perlu diperhatikan dan dipahami bahwa dalam periodisasi terdapat banyak unsur/faktor yang dapat digunakan sebagai kriteria untuk menyusun pembagian waktu, seperti: faktor geografis, kronologis, keluarga/dinasti, perjuangan manusia, ekonomi, teori evolusi dan sebagainya.

Sumber referensi : Sejarah 1 : Untuk SMA/MA Kelas X / Dwi Ari Listiyani ; Editor Hermanu Joebagio ; Ilustrator Haryana Humardani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional, 2009.

0 Response to "Periodisasi Sejarah di Indonesia Menurut H.J. de Graaf dan Moh. Yamin"

Post a Comment