Masa Periodisasi Sejarah Indonesia Menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo

 Masa Periodisasi Sejarah Indonesia Menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo ~ Rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang, sehingga para ahli sejarah sering mengalami kesulitan untuk memahami dan membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. Untuk mempermudah pembabakan kehidupan manusia, para ahli menyusun periodisasi sejarah.

Masa periodisasi sejarah indonesia [image by jokowarino.id], 
Menurut pemikiran Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo, sebagai dasar bagi babakan masa (periodisasi) adalah derajat integrasi yang tercapai di Indonesia pada masa lampau. Menurut pemikirannya, faktor ekonomi sangat memengaruhi perkembangan sosial, politik, dan kultur di Indonesia.

Faktor ekonomi memengaruhi kontak Indonesia dengan luar negeri yang mendatangkan pengaruh kebudayaan luar, baik budaya Hindu dari India, budaya Islam dari Asia Barat, serta budaya barat baik dari Eropa ataunegara-negara lainnya. Maka ada kemungkinan untuk membedakan dua periode besar, yaitu pengaruh Hindu dan pengaruh Islam.

Sebutan dari periode itu memakai nama kerajaan sebab sifat masyarakat pada waktu itu masih homogen dan berpusat pada raja (istana sentris). Adapun periodisasi yang diusulkan oleh Prof. Dr. Sartono adalah sebagai berikut.
  1. Prasejarah
  2. Zaman Kuno
    • Masa kerajaan-kerajaan tertua
    • Masa Sriwijaya (dari abad VII – XIII atau XIV).
    • Masa Majapahit (dari abad XIV – XV).
  3. Zaman Baru
    • Masa Aceh, Mataram, Makassar/Ternate/Tidore (sejak abad XVI).
    • Masa perlawanan terhadap Imperialisme Barat (abad XIX).
    • Masa pergerakan nasional (abad XX).
  4. Masa Republik Indonesia (sejak tahun 1945).
Sumber referensi: Cakrawala Sejarah 1 : untuk SMA / MA Kelas XI / penulis, Wardaya ; editor, Sugiharti ; illustrator, Mulyanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

0 Response to " Masa Periodisasi Sejarah Indonesia Menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo"

Post a Comment