Pengertian Prasasti dan Bahan Bahan Pembuatnya

Pengertian Prasasti dan Bahan Bahan Pembuatnya ~ Cerita-cerita atau pweristiwa yang terjadi pada masa lalu dapat kita ketahui dari peninggalan-peninggalan yang banyak ditemukan. Khususnya di Indonesia, peristiwa yang terjadi pada kerajaan-kerajaan terdahulu banyak dituliskan pada sumber sejara berupa Prasasti-prasasti.

Prasasti [image by viva.co.id], 
Prasasti berarti pengumuman atau proklamasi, semacam perundang-undangan yang memuji raja, dan biasanya berbentuk puisi atau bahasa puisi. Dalam istilah bahasa Inggris disebut enloggistie. Istilah lain untuk prasasti adalah inscriptie atau piagam. Ilmu yang mempelajari tentang prasasti disebut epigraphy.

Prasasti ada yang terbuat dari batu (disebut Caila Prasasti), dari logam, atau dari batu bata. Wujud prasasti yang berupa batu (Caila Prasasti) terdiri atas:
  1. batu biasa (batu kali) disebut natural stone;
  2. batu lingga (batu lambang Siwa);
  3. pseudo lingga (lingga semu), biasanya berupa batu patok atau batu pembatas;
  4. batu yoni (lambang isteri Siwa), biasanya juga disebut lambang wanita.
Adapun prasasti dari logam terbuat dari tembaga, perunggu, atau emas. Prasasti dari perunggu, misalnya, prasasti dari Airlangga, yakni prasasti Calcutta. Prasasti yang berupa batu bata disebut juga Terra Cotta. Prasasti dari batu bata ini di Indonesia hanya sedikit sekali kita dapatkan. Contohnya adalah prasasti di candi Sentul.

Sumber referensi: Cakrawala Sejarah 1 : untuk SMA / MA Kelas XI / penulis, Wardaya ; editor, Sugiharti ; illustrator, Mulyanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

0 Response to "Pengertian Prasasti dan Bahan Bahan Pembuatnya"

Post a Comment