Sebab-Sebab Timbulnya Fasisme, dan Munculnya Benito Mussolini Sebagai Pemimpin Golongan Fasis di Italia

Sebab-Sebab Timbulnya Fasisme, dan Munculnya Benito Mussolini Sebagai Pemimpin Golongan Fasis di Italia ~ Dalam Perang Dunia I sebenarnya Italia termasuk negara yang menang dalam perang. Tetapi keadaan dalan negerinya sangat buruk. Oleh karena itu mudah tumbuh fasisme, yaitu paham yang mengutamakan negara di atas segala-galanya.

Benito Mussolini dan Fasisme Italia [image by re-tawon.com], 
Golongan Fasisme di Italia ini dipimpin oleh Benito Mussolini, seorang bekas guru dan wartawan pada tahun 1919. Sebagai seorang ahli pidato, Mussolini berhasil menarik banyak pengikut. Adapun sebab-sebab timbulnya fasisme di Italia adalah sebagai berikut.
  1. Bangsa Italia yang merosot kedudukannya menginginkan kejayaan kembali seperti zaman kerajaan Romawi.
  2. Rasa tidak puas di kalangan rakyat, karena banyaknya pengangguran.
  3. Sistem pemerintahan negara kesatuan Italia diperintah secara demokratis, tetapi tidak ada negarawan yang berhasil mengatasi kesulitan.
Partai Fasis bercita-cita membentuk Italia Raya. Caranya dengan membentuk pemerintahan yang kuat di bawah pimpinan berkuasa penuh yang disebut “Il Duce” yang artinya pemimpin.

Pada waktu Italia mengalami masa-masa kekacauan pada tahun 1919 – 1922, Mussolini di luar pemerintahan membentuk pasukan yang disebut “Kemeja Hitam”. Dengan persenjataan yang lengkap, mereka berhasil mengembalikan keamanan di seluruh Italia. Oleh karena itu ia mendapat dukungan dari rakyat dan akhirnya dapat memegang kekuasaan sebagai diktator pada tahun 1922 – 1943.

Pada masa pemerintahan Mussolini, Italia mendapat kemajuan-kemajuan yang amat berarti. Misalnya dapat memperbaiki perekonomian Italia yang meliputi perindustrian, pertanian dengan mengeringkan paya-paya, dan lalu lintas berjalan tertib.

Pada tahun 1929 Mussolini berhasil menyelesaikan suatu masalah yang telah lama ditangguhkan penyelesaiannya, yaitu berhubungan dengan Sri Paus. Usaha damai dengan Sri Paus selaku kepala Gereja Katholik Roma mencapai kata sepakat sebagai berikut.
  1. Sri Paus diakui kedaulatannya sebagai kepala gereja yang bertahta di Vatikan.
  2. Agama Katholik Roma diakui sebagai agama negara Italia dan diwajibkan diajarkan di sekolah.
  3. Sri Paus mengakui pemerintah kerajaan Italia.
Penyelesaian masalah gereja ini ternyata menguntungkan kedudukan Mussolini. Sebagai salah satu bagian dari programnya, Mussolini menjalankan politik luar negeri yang lebih agresif. Pada tahun 1935 Mussolini merebut Abessinia atau Ethiopia dari Kaisar Haille Selassi. Di samping itu Albania juga direbut oleh Mussolini, Raja Zogu diusirnya dan tahta kerajaan diberikan kepada Victor Emmanuel, Raja Italia pada tahun 1939.

Sebelumnya pada tahun 1937 Italia menerima baik uluran tangan Jerman untuk mengadakan perjanjian persahabatan yang erat. Hubungan ini agak goyah ketika pada tahun 1938 Jerman menduduki Austria. Tetapi akhirnya Hitler dapat meyakinkan Mussolini, bahwa tindakannya itu tidak akan menggangu kedaulatan Italia.

Demikianlah seperti Jerman pada masa Hitler, maka Italia pada masa Mussolini mengalami kemajuan pesat di bawah rezim totaliter yang akan membawa Italia ke arah bencana Perang Dunia II.

Sumber pustaka : Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : Untuk SMP/MTs Kelas ix / Danang Endarto, Supraptono, Haryono S., Nahar Rifai ; penyunting, Achmad Buchory, llustrator, Purwanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

0 Response to "Sebab-Sebab Timbulnya Fasisme, dan Munculnya Benito Mussolini Sebagai Pemimpin Golongan Fasis di Italia"

Post a Comment